Breaking News

Diduga Ada Mar'up Di Anggaran Ketahanan Pangan Di Tiyuh Balam Asri




Tulang bawang barat Lampung - Globalxpost.co.id anggaran ketahanan pangan di tiyuh balam asri yang direalisasikan untuk bibit ternak sapi dan kambing mar,up,dan menuai pertanyaan bagi kalangan publik Selasa 21/05/2024.

Dilihat dari anggaran APBT Tiyuh balam asri pada tahun 2023 untuk bantuan bibit sapi dan kambing diduga Ada Mar'up
  tidak sesuai dengan anggaran sepertinya ada kong kalikong dengan kepalou Tiyuh Hendro

Saat tim mencoba menelusuri kepalo tiyuh dibalai Tiyuh balam asri sangat disayangkan dia tidak ada ditempat, kemudian tim menemui kasi perencanaan Durutun Nasikin dan TU Slamet Widodo dan juga kasi kesejahteraan Hermanto saat dikonfirmasi dibalai Tiyuh balam asri mengenai anggaran pembelian bibit sapi dan kambing mereka mengatakan di urus olah Fahri di Rk 6  Sumadi di Rk 4 dan sis di RK 2 dan juga suryoto di RK 5 ungkap mereka saat dikonfirmasi kemudian masalah anggaran kami tidak tau karena semua yang mengelola anggaran semua kepalou Tiyuh balam asri Hendro  ungkap mereka.

Kemudian tim mencoba menelusuri kediaman Fahri di Rk 6 benar ada nya sapi kecil yaitu sapi Bali, kemudian tim menelusuri kediaman suryoto sipengasuh sapi dari desa saat dikonfirmasi dia mengatakan tidak ada sapi Tiyuh katanya semua milik saya sendiri tidak ada sama sekali sapi Tiyuh ungkapnya.

Kemudian lagi tim menelusuri kediaman pak Sumadi di RK 4 saat dikonfirmasi bahwa nama Sumadi tersebut tidak ada di RK 4 ungkap mereka diduga kami selaku tim di kibuli dengan pengasuh sapi atas nama Sumadi karena nama tersebut tidak ada di RK 4.

Kemudian tim kembali lagi kebalai Tiyuh balam asri ingin mencari kebenaran masalah bantuan sapi tersebut sepertinya ada kong kali kong dengan anggaran yang dibelanjakan kepalou Tiyuh balam asri untuk sapi sepertinya semua apataratur Tiyuh balam asri hanya formalitas saja.

Kemudian anggaran program K3 W1 yang dianggarkan untuk kandang kolam dan kebun mengenai kolam itu masyarakat diberi bibit saja tidak ada plastiknya tapi banyak yang mati ikan tersebut kemudian masalah kebun masyarakat hanya menerima benih bukan bibir yang berupa benih terong cabai dan tomat ungkap mereka.

Itulah hasil konfirmasi saat tim turun dilapangan mar,upnya anggaran bantuan sapi dan kambing begitu juga masalah anggaran K3 W1 diduga banyak yang gagal dan semua pengelola anggaran dana desa DD dikelola kepalo tiyuhnya sendiri.

Kami akan melaporkan kepihak imspektorat yang ada di kabupaten tulang bawang Barat agar dapat turun kelapangan dan mengkroscek semua anggaran APBT yang dikucurkan ditiyuh balam asri karena banyak ditemukan kejanggalan kejanggalan yang terjadi barang siapa dengan sengaja melanggar Undang Undang desa dan mengelapkan bantuan sapi pada tahun 2023 dapat dikenakan sangsi dan penjara sesuai dengan hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia

(RED)
© Copyright 2022 - global.expost.co.id