Breaking News

Pelaksanaan Pemilihan Tuha Peut Yang Digelar Gampong Serambi Indah Kecamatan Langsa Barat Banyak Terjadi Penyimpangan dan Pelanggaran*

Globalexpostud,( Aceh) Langsa-
Pelaksanaan Pemilihan Tuha Peut yang digelar Pada tanggal 25 November 2023 Gampong Serambi Indah Kecamatan Langsa Barat banyak terjadi penyimpangan dan pelanggaran.

Pemilihan yang  dilaksanakan secara pemilihan langsung pada 3 TPS. Pada waktu perhitungan suara terjadi selisih 1 suara diantara absensi kehadiran dan surat suara pada 1 TPS. Panitia langsung mengkoreksi penyebab terjadinya selisih suara, setelah dikoreksi tidak diketemukan penyebab selisih suara tersebut.

Singkatnya panitia mengambil keputusan mengisi absensi dengan nama warga yang tidak hadir memilih.
3 hari kemudian Salah satu kandidat menyanggah hasil pemilihan Tuhapeut tersebut karna mendapatkan info dari warga banyak terjadinya pelanggaran yg dilakukan oleh panitia. 
Adapun pelanggaran yang yg terjadi yaitu ;
1. Panitia melakukan penyebaran undangan pemilihan kepada warga sebelum adanya musyawarah dan berita acara kesepakatan teknis pemilihan antara panitia dan kandidat tuhapeut.
2. Adanya  4 orang dalam absensi  yang tidak berhak memilih.
3. Adanya manipulasi dokumen absensi oleh panitia.
4. Pelaksanaan pemilihan calon TPG perempuan tidak sesuai teknis dengan Qanun No. 12 tahun 2018 tentang  Tuhapeut.

Sanggahan ini sudah disampaikan dan dimusyawarahkan pada Geucik Gampong Serambi Indah dan Camat Langsa Barat
Hasil musyawarah Geuchik Gampong Serambi indah, Malikul Adil dan Camat Langsa Barat, Hadi Wijaya SSTP, MSP menyatakan, semua pelanggaran yg terjadi merupakan perlakuan tidak sengaja yang dilakukan oleh panitia dan pada Qanun No.12 tahun 2018 tentang Tuhapeut tidak dijelaskan sanksi dari pelanggaran yang terjadi.
Oleh karena itu Geuchik Gampong
Serambi Indah dan Camat Langsa Barat memutuskan mengesahkan hasil pemilihan tersebut.

Salah satu warga menyampaikan kepada wartawan, bahwa keputusan ini kontroversial yang akan berdampak bahaya bagi suatu kepanitiaan
karena dapat disimpulkan tidak memiliki sanksi bila melakukan pelanggaran dalam pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan," tandasnya.

NS= iskandar
( Wan Atjeh)
© Copyright 2022 - global.expost.co.id