Breaking News

Warga Masyarakat Dusun Sungai Santan Bangun Jembatan Secara Swadaya









Indragiri hulu ( Riau) globalXpost Inisiatif yang dilakukan warga masyarakat dusun sungai santan khususnya warga simpang bidan, desa anak talang Kecamatan Batang cenaku kabupaten Indragiri hulu Riau patut diacungkan jempol dalam mengatasi keterisoliran mereka secara swadaya bersama sama membangun jembatan untuk menghubungkan antar perkampungan warga satu daerah ke daerah yang lain 



Berdasarkan konfirmasi awak media globalXpost kepada salah seorang sesepuh suku Anak talang yang akrab dipanggil uwo Sam mengatakan pada awak media bahwa kegiatan ini sudah berlangsung lama dan sudah terbangun beberapa jembatan yang materialnya masih menggunakan katu kayu balok dan ini sudah banyak manfaatnya bagi masyarakat yang ada dipedalaman kata uwo Sam kepada awak media.



Kegiatan pembangunan jembatan ini murni hasil swadaya masyarakat Tanpa harus mengandalkan bantuan dari pemerintah, Pada tahun 2018 pernah masyarakat mengajukan untuk pembangunan jembatan ini tapi sampai saat sekarang ini belum ada tanggapan dari pemerintah ujar uwo Sam makanya masyarakat secara Swadaya membangun jembatan yang menghubungkan beberapa dusun.

 Diharapkan, kebaradaan infrastruktur itu mampu lebih meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar serta yang utama mempermudah transportasi antar dusun.

Dana pembangunan jembatan ini dikutip dari para warga masyarakat yang rata rata pendapatan mereka dari hasil perkebunan dan pertanian mereka secara sukarela menyisihkan uang mereka yang dikutip melalui pos pos yang ditentukan pengurusnya dan di dekat jembatan lubuk malin panjang untuk pengutipan diserahkan kepada uwo Sam dan sekaligus bertanggung jawab dalam perawatan jembatan begitu juga jembatan sungai kandis dan bukan hanya itu saja jalan jalan yang dilalui masyarakat tidak terlepas dari pengawasan uwo Sam



Jembatan ini akan menyatukan warga antar dusun ke dusun yang lain di desa. Sementara disekitar jembatan ada sekitar 50 KK yang selama ini memang harus melewati kali besar agar bisa sampai ke dusun tujuan.

“Kalau kali kering sih tidak masalah saat dilintasi. Tapi ketika deras tentu ini sangat berbahaya” ujar uwo Sam 

Sementara itu, salah satu warga setempat yang ditanyai dengan adanya jembatan ini sangat merespon positif. Dia yakin jembatan ini akan memberi dampak yang sangat banyak bagi masyarakat dan dapat meningkatkan ekonomi pedesaan

Agar ke depannya, di Desa anak talang tidak ada lagi dusun yang terisolir secara geografis. Keberadaan jembatan sangat diharapkan bisa segera dimanfaatkan mereka.

(Arie M Tanjung)
© Copyright 2022 - global.expost.co.id