Breaking News

Terobosan Baru PJ. Bupati Bangkep Melalui Rekruitmen Terbuka Calon Dirut PDAM

Salakan - Pj. Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep) Ihsan Basir, SH.,LLM. berinisiatif melakukan proses rekruitment direktur PDAM dan PT. Trikora secara terbuka.

Diketahui bahwa sejak Bangkep berdiri direktur perusahaan daerah air minum dan juga perusda PT Trikora pimpinan dan direksinya hanya di lakukan melalui penunjukan oleh pimpinan daerah. Dibawah pimpinan PJ. Bupati saat ini, barulah dilakukan proses seleksi secara terbuka.

Hal ini patut diapresiasi untuk memberikan kesempatan bagi anak daerah maupun orang lain yang mau berkontribusi bagi pengembangan dan manajemen perusahaan, sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 54 tahun 2017 tentang pemilihan direktur BUMD, yang mana haruslah melalui mekanisme seleksi secara terbuka dengan ketentuan persyaratan dan tahapannya. 

Inilah yang menjadi dasar pelaksanaan seleksi Direktur PDAM dan 3 direktur pada PT. Trikora Salakan yang saat ini sedang berjalan prosesnya. 

Yang menjadi penekanan yaitu proses seleksi dilaksanakan oleh lembaga independen, yakni Tim Asessment Center yang di pimpin langsung oleh ketua tim Rahman Yape, S.Psi, M.Psi. psikolog kepala UPT Penilaian Kompetensi BKD Provinsi Sulawesi Tengah bersama timnya.

Agar proses seleksi dapat menghasilkan figur yang memiliki kemampuan manajerial, keahlian nya dapat terukur,ber integritas dan berdedikasi, kepemimpinan dan hal2 lain yang dibutuhkan dalam memimpin perusahaan sebagaimana disyaratkan dalam peraturan pemerintah nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah. 

Dalam proses ini juga selanjutnya  sesuai dengan permendagri 37 tahun 2018 tentang mekanisme pengangkatan direksi perusahaan daerah adalah proses uji kelayakan dan wawancara,

Ihsan Basir.SH.LLM mempercayakan proses seleksi oleh akademisi yang memahami soal manajemen bisnis dan perusahaan yakni Bapak Dr.Suparman, SE, M.Si dan Dr. Muzakir, SE, M.Si yang merupakan dosen ekonomi bisnis di universitas Tadulako juga di bantu bapak Ir.Ferdy Salamat,ST, M.Si. sebagai perwakilan pemerintah yang juga memiliki pemahaman soal Lingkungan hidup dan potensi prioritas Daerah Banggai Kepulauan yang saat ini menjabat sebagai kepala dinas perikanan ,sebelumnya juga sebagai kepala dinas lingkungan hidup. 

Hal ini merupakan langkah maju dari pj.bupati banggai kepulauan dalam hal proses rekruitment direktur perusahaan daerah yang layak dan sesuai mekanisme dan berdasarkan regulasi yang terkait.  

Selanjutnya sebagai bentuk keterbukaan Ihsan Basir. SH.LLM juga menginisiasi akan memberikan kesempatan kepada para calon direktur yang sudah selesai mengikuti proses seleksi untuk memaparkan visi programnya di hadapan pimpinan dan  komisi 2 DPRD kabupaten banggai Kepulauan. Agar dapat bersinergi dalam kebijakan penganggaran  perusahaan daerah tersebut. (Victor Reppie)
© Copyright 2022 - global.expost.co.id