Breaking News

SMK Negeri 3 Luwuk Ikuti Pawai Tarhib Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H di Kota Luwuk

Luwuk - Dalam rangka memperingati tahun baru ummat Islam (1/1/1445 H yang jatuh pada Rabu (19/7/2023) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai melalui Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banggai menggelar Pawai Tarhib bertempat di Pelataran Mimbar MTQ Masjid Agung An-Nur, Rabu (19/7/2023).

Terkait pelaksanaan kegiatan peringatan Tahun Baru Islam tersebut, Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan terebut adalah kegiatan yang penuh makna.

"Tahun baru islam merupakan tahun permulaan kita, sesungguhnya sebagai umat muslim harus hijrah dari segala bentuk hal-hal yang tidak sesuai dengan syariat kita," tutur Wabup Furqan.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan, oleh karnanya makna ini hari tetap kita jiwai dan kita tanamkan dalam lubuk hati kita yang paling dalam

Kepala Kejaksaan Negeri Banggai, Raden Wisnu Bagus Wicaksono saat melepas Pawai Tarhib mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H untuk seluruh umat islam.

Jumlah peserta dari kegiatan ini diperkirakan 1500 lebih, dan para peserta berasal dari beberapa OPD, majelis ta'lim, lembaga pendidikan, remaja masjid serta organisasi agama islam.

Diantara peserta Pawai Tarhib dari Tingkat SMA/SMK sederajat, SMK Negeri 3 Luwuk mengirimkan pesertanya yang terdiri dari 15 orang siswa/siswi dan dua orang pendamping yakni Bidang Kesiswaan Patria Kuuna dan staff Tata Usaha Musdalifah Sawal.

Patria Kuuna, disela-sela kegiatan Pawai Tarhib mengatakan kalau SMK Negeri 3 Luwuk ikut menyemarakkan peringatan Tahun Baru Islam dengan mengirim Peserta Pawai yang diambil dari beberapah kelas yang ada di SMK Negeri 3 Luwuk.

"Alhamdulillah, hari ini kami juga dari SMK Negeri 3 hadir dikegiatan Pawai Tahrif rangkaian peringatan tahun Baru Islam 1/1/1445 H", katanya.

Lanjutnya lagi, pihaknya berharap melalui peringatan I Muharram tersebut diharapkan para siswa/siswi SMK Negeri 3 Luwuk dapat menauladani kepribadian Rasulullah Saw, sekaligus menjadi generasi mudah penerus cita-cita perjuangan para pendahulu dengan terus meningkatkan semangat belajar sekaligus menjadi insan yang berbudi pekerti yang luhur.

"Dan tentunya, harapan kami atas nama Kepala Sekolah serta seluruh jajaran pendidik dan tenaga kependidikan SMK Negeri 3 Luwuk, sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini karena disamping menjadi ajang siraturahmi antara sesama juga menjadi sarana untukemingkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan RasulNya serta menjadikan siswa/siswi yang berkualitas baik dari sisi ilmu pendidikan dan juga ketaqwaannya", imbuh salah satu tenaga guru di SMK Negeri 3 Luwuk yang akrab disapa ibu Pati'.

Ketua PHBI Kabuaten Banggai Alfian Djibran, juga menyampaikan bahwa kegiatan terebut merupakan bentuk komitmen umat Islam dalam menjaga toleransi dan mendukung program pembangunan.

Pada kesempatan yang sama, Panitia PHBI mengumumkan langsung pemenang dari Lomba Pawai Takbir Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H, pemenang dari pawai tersebut diantaranya : 

1. Juara satu diraih oleh Masjid Nurul Yaqin Unjulan
2. Juara dua diraih oleh Masjid Al-Ilham Bungin
3. dan Juara tiga diraih oleh Masjid Nurul Iman Kilongan

Khusus pembagian Souvenir dari pelaksana kegiatan Pawai Tahrif, SMK Negeri 3 Luwuk membawa pulang satu Unit alat dapur berupah Kompor Gas.

"Alhamdulillah, SMK Negeri 3 dapat kompor Gas dan ini akan dipergunakan untuk kebutuhan sekolah, mengingat selama ini kalau ada kegiatan ekrakurikuler diluar sekolah selalu kesulitan alat masak memasak", tutur Pendamping peserta SMK Negeri 3 Luwuk Patria Kuuna.

Dalam sesi foto bersama, peserta Pawai dari SMK Negeri 3 tersebut mengucapkan yel-yel, "SMK....Bisaa !!".

Turut hadir dalam kegiatan ini Unsur Forkopimda, Kacabdis Wil. V Sulteng, Ketua PHBI Kab. Banggai beserta jajarannya, para Asisten, para Pimpinan OPD, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, urusan dari berbagai Sekolah baik SLTP hingga SMA/SMK atau sederajat dan seluruh masyarakat ummat muslim di Kabupaten Banggai yang sempat mengikuti kegiatan. (rin)
© Copyright 2022 - global.expost.co.id