Breaking News

Wabup Banggai H. Furqanuddin Buka Kegiatan Pelatihan Digitalisasi Kopetasi

Luwuk - Seiring dengan deras dan ketatnya persaingan ekonomi di era globalisasi saat ini, koperasi serta usaha kecil dan menengah dituntut untuk lebih piawai dalam menjalankan strategi usahanya secaratepat, untuk bisa bersaing di pasar global, khususnya dalam pengembangan dan pemberdayaan koperasi itu sendiri, agar bekeradaannya benar-benar mampu menjadi motor penggerak pembangunan perekonomian masyarakat, khususnya di Kabupaten Banggai. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M. mewakili Bupati Banggai saat membuka kegiatan Pelatihan Digitalisasi Koperasi Tahun 2023, di Hotel Santika Luwuk pada Selasa (13/6/2023).

Pemerintah kata Wabup, berkeinginan agar koperasi bisa bertransformasi dari citra model lama dan konvensional menjadi model baru dan profesional. Ini dimaksudkan agar perjalanan pembangunan koperasi dapat dilakukan secara berkesinambungan, dan agar koperasi dapat tumbuh sejajar dengan badan usaha lain, yang memiliki sensitifitas tinggi dalam pengembangan usaha serta diminati oleh generasi mudah.

"Saya memiliki harapan besar, pasca pelatihan ini, hendaknya akan banyak tumbuh koperasi-koperasi sehat dan hebat, yang dapat menjadi contoh bagi koperasi lainnya, baik dari segi kelembagaan maupun usaha," kata Wabup H. Furqanuddin.

Seperti yang disampaikan oleh Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Banggai Helena Agustina Padeatu, S.H., M.Hum. dalam laporannya, kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengubah manajemen koperasi menjadi digital serta diharapkan mampu membuat koperasi yang dinamis dan mempercepat gerak bisnisnya ini diikuti sebanyak 25 orang dari perwakilan 11 kecamatan. "Kegiatan ini digilir untuk setiap kecamatan, pesertanya adalah Pengurus Koperasi atau perwakilan," kata Helena. Menurutnya, digitalisasi merupakan sarana bagi koperasi untuk semakin optimal berperan membantu pelaku usaha maupun masyarakat dalam memperoleh akses modal dan pelatihan pengembangan usaha agar terus dapat mengoptimalkan peran strategis.

Sementara itu *Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Banggai, Yusriani A. Django, S.S., M.M.* saat dihubungi secara terpisah mengatakan, pelatihan yang direncanakan akan berlangsung selama 3 hari sampai dengan tanggal 15 Juni 2023, akan diisi oleh Narasumber masing-masing Deputi Perkoperasian Kementerian Koparasi dan UKM RI, LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir), Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Banggai, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banggai dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banggai. (Red)

Sumber : Bagprokopim Setda Banggai/ahtar.
© Copyright 2022 - global.expost.co.id