Breaking News

Pelantikan Pengurus Adat Kelurahan dan Desa Dari 3 Kecamatan di Hadiri Staf Ahli Bupati Rudi PK. Bullah

Bunta - Mewakili Bupati Banggai Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pengembangan Kawasan Wilayah Setda Kabupaten Banggai Rudi PK. Bullah, S.Sos menghadiri acara PELANTIKAN LEMBAGA ADAT DAN PERANGKAT ADAT "SALUAN" DESA/KELURAHAN SE-KECAMATAN BUNTA, NUHON DAN SIMPANG RAYA.

Kegiatan diselenggarakan oleh Lembaga Musyawarah Adat Wilayah Perangkat Adat Tiga Kecamatan Bunta, Nuhon Dan Simpang Raya, Bertempat di Rumah Adat Saluan Kecamatan Bunta (15/6/2023).

Turut Hadir Pada acara tersebut Ketua DPRD Kab. Banggai (diwakili), Camat Bunta, Camat Nuhon, Camat Simpang Raya, Unsur Forkopimcam Bunta Nuhon Simpang Raya, Lembaga Musyawarah Adat Wilayah Bosanyo Kec. Bunta Nohun Simpang Raya, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan serta undangan lainnya.

Staf Ahli Bupati Rudi PK. Bullah, S.Sos saat membacakan sambutan tertulis Bupati Banggai, antara lain mengatakan selaku Pimpinan di Daerah Ini saya mengucapkan *Selamat* Kepada Saudara-saudara selaku perangkat adat saluan yang baru dilantik tentunya terdapat suatu beban dan tanggungjawab yang besar, dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kinerja suatu organisasi serta memiliki rasa kebersamaan antara pengurus dan anggotanya dalam menjalankan tugas-tugas organisasi tersebut.

Perangkat adat saluan desa dan kelurahan adalah sebagai forum komunikasi para generasi adat tentu saja bagian perjuangan dalam memberikan pesan kebaikan, baik didunia nyata maupun di dunia maya, oleh sebab itu, sebagai suatu wadah yang menghimpun, mengarahkan dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan adat istiadat di Kabupaten Banggai ini dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Spirit amanah yang telah terpatri dalam lubuk hati masyarakat bunta, nuhon dan simpang raya merupakan suatu potensi sumber daya manusia bisa dibilang wujud kekayaan nilai-nilai budaya yang ada serta memajukannya melalui langkah-langkah konkrit, sehingga jati diri daerah akan lebih dikenal luas baik secara nasional maupun internasional, karena sebaik apapun perencanaan pembangunan disemua sektor dan subsektor tanpa mengikut sertakan pembangunan disektor budaya, niscaya semuanya seakan tidak bermakna.

"Dengan pelantikan lembaga adat dan  perangkat adat desa dan kelurahan ini, harapan saya agar pengurus yang baru ini dapat berbuat lebih banyak dan lebih naik lagi demi kemajuan dan kemaslahatan ummat dan Daerah ini", tutup Staf Ahli Bupati Rudi Bullah. (Red)

Sumber : Bagprokopim Setda Banggai.
© Copyright 2022 - global.expost.co.id